Rabu, Juli 29, 2009

Sepeda rakitan pertamaku; Si i-JONO-m



Kasihan dengan sepeda warisan Federal cewek nan palsu, nggak ada yg mau makai, walaupun sudah diubah jadi sepeda cewek beneran, pakai keranjang di depan dan sadel & setang khas mini tetep saja saya dan istri malas makai. Dan saat ada yg jual Frame Xtrada repaint hijau langsung saja samber. Mumpung murah, sudah plus fork orinya lagi. Walaupun entah kapan frame bisa di gowes.

Jika waktu senggang, satu demi satu part federalpun dipreteli untuk nantinya dipindahkan ke si frame baru. Yang paling susah mencabut cranknya karena ulirnya sudah aus dan loyo. Ketika treker masuk, ulirnya malah hancur. Maunya beli treker yg biasa untuk cabut laher, tapi ternyata mahal juga Rp.65000. Tapi bingung juga antara beli treker atau beli crank baru. Walaupun crank itu sudah nggak komplit. Chain ring terkecilnya hilang entah dimana. Waktu itu pernah dibuat single speed karena FD & shifternya nggak ada. RDpun cuma berfungsi sebagai tensioner rantai.

Federalpun ku coba bawa ke bengkel sepeda dekat rumah. Setelah di ketok bertubi-tubi akhirnta lepas juga crank dari frame.

Mulai deh rakit dengan prinsip memaksimalkan part yg ada dulu, copotan federal dan part yg tersisa di gudang.
Wim Roadtect & roadcamp menyumbang fork zoom, stem, rear hub+freewheel, seatpost+sadel dan spacer.

Federal menyumbangkan rim (masih besia)+ban+vbrake belakang, crank set (tinggal 2 chain ring, yg terkecil hilang), pedal, rd (yg masangnya masih diselipkan di as hub) dan setang.

Rim depan beli bekas dan yg lainnya beli baru dengan pilihan semurah mungkin. seperti BB neco 50rb, seatclamp 10rb, FD genio 20rb, brake lever 15rb, shifter tumb 15rb, ban depan deli 30rb, disc brake china 55rb. Untuk handgrib cari yg enak tapi tetap murah 25rb.

Dengan chainring 48T dan ban 1.50, tetap bisa berkeringat walaupun di aspal datar. Maklum biasa pakai 42T.

Siap berkomuter, tapi ridernya harus juga kuat, bukan kuat genjot, tapi kuat MALU. Karena speknya bener-bener malu-maluin. waka...wka.............aaaaaaaaaaaaa


2 komentar:

  1. kita kan naik sepedanya boss,bukan naik merk-nya....tetap semangat...gue jg naik federal cewek n master blackchrome kok..

    BalasHapus
  2. yang penting bersepedanya, bukan sepedanya mas bro,,
    enjoy aja bersepedanya mas bro

    BalasHapus